Minggu, 22 Januari 2012

"Perkembangan Internet"



Tugas 1 ‘Perkembangan Internet’
Oleh                           : S. Juwita Mustikalini / 100213300533
Mata Kuliah              : Jaringan Informasi Digital
Prodi                          : Library Science and Information
Dosen Pembimbing   : Moh. Syafi’i, S.Kom

 *Vidio Tentang Sejarah Perkembangan Internet*

 


 ````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````````

 "Perkembangan Internet"
Saati ini hampir semua orang di dunia sudah kenal dengan istilah ‘Internet’, bahkan anak-anak kecil juga sudah paham akan keberadaan initernet. Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. Selain menggunakan PC untuk akses internet kita juga dapat menelusuri web di ponsel kita. Nah untuk membantu memperjelas kemajuan Internet saya akan menulis dari berbagai sumber yang saya dapat tentang kronologi perkembangan internet mulai pertama kali internet di luncurkan hingga saat ini.

Kronologi Perkembangan Internet

"Kabel Atlantik tahun 1858 dan Sputnik tahun 1957 dua tonggak dasar dari prasejarah internet".

  • Tahun 1866: "Pada mulanya adalah Cable ..."
          Kabel di Atlantik 1858 didirikan untuk melakukan komunikasi instan di seberang lautan untuk pertama kalinya.



Pembuatan kabel dimulai pada awal 1857 dan selesai pada bulan Juni. Sebelum akhir Juli itu disimpan di Amerika "Niagara" dan Inggris "Agamemnon" - kedua kapal angkatan laut dipinjamkan oleh pemerintah masing-masing untuk tugas tersebut.



Meskipun peletakan kabel ini pertama dilihat sebagai peristiwa penting dalam masyarakat, itu adalah kegagalan teknis. Ini hanya tetap dalam pelayanan beberapa hari. Kabel tetap digunakan selama hampir 100 tahun.
  •   Tahun 1950-an

4 Oktober 1957 - Ini adalah tahun bahwa Uni Soviet meluncurkan 'Sputnik', satelit bumi buatan pertama. Amerika Serikat dalam balasan membentuk Advanced Research Projects Agency (ARPA) di dalam Departemen Pertahanan (DoD) untuk menciptakan memimpin AS dalam ilmu pengetahuan dan teknologi yang berlaku untuk militer.
1958 ~Sebagai buntut dari ‘kekalahan’ Amerika Serikat dalam meluncurkan wahana luar angkasa, dibentuklah sebuah badan di dalam Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Advanced Research Projects Agency (APRA), yang bertujuan agar Amerika Serikat mampu meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi negara tersebut. Salah satu sasarannya adalah teknologi komputer.

  • Tahun 1960-an
Teori mengenai packet-switching dapat diimplementasikan dalam dunia nyata.
1961 ~Direktur Pertahanan Penelitian dan Rekayasa (DDR & E) memberikan Command dan Control untuk Proyek ARPA.
1962    ~Teknik Pengolahan Informasi Kantor (IPTO) dibentuk untuk mengkoordinasikan perintah ARPA dan penelitian kontrol.
~Pada tahun 1962, Dr J.C.R. Licklider menulis sebuah tulisan mengenai sebuah visi di mana komputer-komputer dapat saling dihubungkan antara satu dengan lainnya secara global agar setiap komputer tersebut mampu menawarkan akses terhadap program dan juga data. Pada tahun ini juga Rand Corporation memulai riset terhadap ide ini (jaringan komputer terdistribusi), yang ditunjukan untuk tujuan militer.
1965    ~Istilah ‘Hypertext’ dikeluarkan oleh Ted Nelson.
1968    ~APRA mengembangkan ARPANET untuk mempromosikan ‘Cooperative Networking of Time-sharing Computers’, dengan hanya empat buah host komputer yang dapat dihubungkan  hingga tahun 1969, yakni Stanford Research Institute, University of California di Santa Barbara, University of Utah, dan Universitas California di Los Angeles.
1969    ~Charley Kline di UCLA mengirim paket pertama pada ARPANet saat ia mencoba untuk menyambung ke Stanford Research Institute pada 29 Oktober 1969. Sistem ini jatuh saat ia mencapai G LOGIN!
  •  Tahun 1970-an
1970    ~Host APRANET mulai menggunakan NPC (Network Control Protocol).
1971    ~Anggota APRANET bertambah menjadi 23 buah node komputer, yang terdiri atas komputer-komputer untuk riset milik pemerintah Amerika Serikat dan universitas.
1972    ~Ray Tomlinson dari BBN membuat program e-mail pertama. Para Advanced Research Projects Agency (ARPA) berganti nama menjadi The Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA atau) ARPANET saat ini menggunakan Network Control Protocol atau NCP untuk mentransfer data, yang memungkinkan komunikasi antara host berjalan pada jaringan yang sama.
            ~Sebuah kelompok kerja yang disebut dengan International Network Working Group (INWG) dibuat untuk meningkatkan teknologi jaringan komputer dan juga membuat standar-standar untuk jaringan komputer, termasuk di antaranya adalah Internet. Pembicara pertama dari organisasi ini adalah Vint Cerf, yang kemudian disebut sebagai “Bapak Internet”.
1973    ~DARPA memulai pengembangan pada protokol yang kemudian disebut TCP / IP. Ini dikembangkan oleh sebuah kelompok yang dipimpin oleh Vinton Cerf dari Stanford dan Bob Kahn dari DARPA. Protokol baru ini adalah untuk memungkinkan jaringan komputer yang bervariasi untuk interkoneksi dan berkomunikasi satu sama lain.
~APRANET ke luar Amerika Serikat pada tahun ini, anggota APRANET bertambah lagi dengan masuknya beberapa universitas di luar Amerika Serikat yakni University ollege of London dari Inggris dan Royal Radar Establishment di Norwegia.
1974    ~Vint Cerf dan Bob Kahn mempublikasikan spesifikasi detail protokol Transmission Control Protocol (TCP) dalam artikel “A Protocol for Packet Network Interconnection”.
            ~Bolt, Beranet & Newman (BBN), pontraktor untuk APRANET, membuka sebuah versi komersial dari ARPANET yang mereka sebut sebagai Telenet, yang merupakan layanan paket data publik pertama.
1975    ~Steve Walker membuat mailing list.
1976    ~Ethernet dikembangkan oleh Dr Robert M. Metcalfe yang memungkinkan kabel koaksial untuk memindahkan data sangat cepat. Ini adalah komponen penting untuk pengembangan LAN.
1978    ~Protokol TCP dipecah menjadi dua bagian, yakni Transmission Control Protocol dan Internet Protocol (TCP/IP).
1979    ~Grup diskusi Usenet pertama dibuat oleh Tom Truscott, Jim Elis dan Steve Bellovin, alumni dari Duke University dan University of Nort Carolina Amerika Serikat. Setelah itu, penggunaan Usenet pun meningkat secara drastis.
~Pada tahun ini pula, emotion diudulkan oleh Kevin McKenzie.
  • Tahun 1980-an
1980    ~Komputer pribadi (PC) mewabah, dan menjadi bagian dari banyak hidup manusia. Tahun ini tercatat ARPANET telah memiliki anggota hingga 231 host yang terhubung. Layanan BITNET (Because It’s Time Network) dimulai, dengan menyediakan layanan e-mail, mailing list, dan juga File Transfer Protocol (FTP). CSNET (Computer Science Network) pun dibangun pada tahun ini oleh para ilmuan dan pakar bidang ilmu komputer dari Purdue University, University of Washington, RAND Corporation, dan BBN, dengan dukungan dari National Science Foundation (NSF). Jaringan ini menyediakan layanan e-mail dan beberapa layanan lainnya kepada para ilmuan tersebut tanpa harus mengakses APRANET.
1982    ~Istilah “Internet” pertama kali digunakan, dan TCP/IP diadopsi sebagai protocol universal untuk jaringan tersebut. Name server mulai dikembangkan, sehingga mengizinkan para pengguna agar dapat terhubung kepada sebuah host tanpa arus mengetahui jalur pasti menuju host tersebut. Tahun ini tercatat ada lebih dari 1000 host yang tergabung ke internet.
1986    ~Diperkenalkan sistem nama domain, yang sekarang dikenal dengan DNS (Domain Name System) yang berfungsi untuk menyeragamkan sistem pemberian nama alamat di jaringan komputer.
1987    ~BITNET dan CSNET digabung untuk membentuk Corporation untuk Jaringan Penelitian dan Pendidikan (CREN), pekerjaan dari National Science Foundation.
  • Tahun 1990-an
1990    ~Pada tahun 1990-an tim Barner Lee berhasil menciptakan program browser yang memungkinkan pengguna komputer menjelajah ke komputer-komputer yang terhubung jaringan. Program ini kemudian dinamakan world wide web atau lebih dikenal dengan sebutan www.
1994    ~Perkembangan internet menjadi demikian pesatnya pada tahun 1994. Pada saat ini ribuan alamat email bermunculan di internet. Untuk pertama kalinya pula, ritel dan virtual shopping muncul di internet.
            ~Indointernet sebagai ISP komersial pertama.
  • Tahun 2000-an hingga saat ini
Wireless telah berkembang dengan pesat dalam beberapa tahun terakhir, dan mencari wisatawan untuk wi-fi "hot spot" di mana mereka dapat menghubungkan sementara mereka jauh dari rumah atau kantor. Banyak bandara, bar kopi, hotel dan motel sekarang secara rutin menyediakan layanan ini, sebagian untuk biaya dan beberapa gratis.
Sebuah wilayah pertumbuhan berikutnya besar adalah gelombang menuju akses nirkabel universal, di mana hampir di mana-mana adalah sebuah "hot spot". Kota wi-fi atau kota-lebar akses, WiMAX menawarkan rentang yang lebih luas dibandingkan wi-fi, EV-DO, 4g, dan format lain akan berkelahi dgn tombak sambil naik kuda untuk dominasi di Amerika Serikat pada tahun-tahun mendatang. Pertempuran adalah baik ekonomi dan politik.
Kecenderungan lain yang cepat mempengaruhi desainer web adalah pertumbuhan perangkat yang lebih kecil untuk terhubung ke Internet. Tablet kecil, PC saku, ponsel pintar, ebooks, mesin-mesin permainan, dan bahkan perangkat GPS sekarang mampu memasuki web di mana saja, dan halaman web yang tidak dirancang untuk bekerja pada skala itu.
Seperti Internet telah menjadi mana-mana, cepat, dan semakin diakses masyarakat non-teknis, jaringan sosial dan layanan kolaboratif telah berkembang pesat, memungkinkan orang untuk berkomunikasi dan berbagi kepentingan dalam banyak hal lebih. Situs seperti Facebook, Twitter, Linked-In, YouTube, Flickr, Second Life, lezat, blog, wiki, dan banyak lagi membiarkan orang-orang dari segala usia dengan cepat berbagi kepentingan mereka saat itu dengan orang lain di mana-mana.
Dewasa ini, teknologi internet digunakan oleh semua lapisan masyarakat, murid-murid sekolah hingga negarawan.

 Nah itulah perkembangan internet dari awal kemunculannya hingga saat ini, berbagai catatan manis dan pahit terukir dalam catatan ‘Sejarah Perkembangan Internet’.

 

Sumber:   a. “ Roads and Crossroads of the Internet History” By: Gregory Gremov (http://www.netvalley.com/cgi-bin/intval/net_history.pl?chapter=1)

* SEKIAN *

Tidak ada komentar:

Posting Komentar